Inilah 5 Penyebab Jerawat Mudah Muncul di Wajah

Jerawat merupakan salah satu permasalahan pada wajah yang sering membuat pemiliknya geram. Bagaimana tidak? Selain membuat tampilan wajah menjadi kasar karena banyak benjolan-benjolan, jerawat yang ada di wajah juga menimbulkan rasa gatal dan sakit.

Tidak jarang beberapa orang banyak yang dibuat gemas oleh penyakit wajah yang satu ini. Rasa ingin memencet jerawat semakin tinggi, apalagi jika ukuran jerawat semakin besar.

5 Penyebab Jerawat Mudah Muncul di Wajah

5 Penyebab Jerawat Mudah Muncul di Wajah
5 Penyebab Jerawat Mudah Muncul di Wajah

Tapi kamu tahu tidak penyebab jerawat itu ada apa saja? Jika tidak hati-hati, kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari saja bisa menyebabkan munculnya jerawat lho.

Lalu apa saja sebenarnya penyebab munculnya jerawat di wajah? Berikut SEO Kejawen sudah merangkumnya untukmu :

1. Memencet jerawat

Untuk kamu yang mudah gemas terhadap munculnya jerawat dan langsung memutuskan untuk memencet jerawat, sepertinya kebiasaan tersebut harus mulai kamu hilangkan. Memencet jerawat bukan jawaban dari permasalahan agar jerawatmu bisa cepat hilang. Namun, hal ini malah akan menimbulkan masalah wajah yang lain.

Baca Juga : 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Saat Melakukan Perawatan Wajah

Ketika kamu memencet jerawat maka hal itu membuat sumbatan di pori-pori wajah kamu menjadi masuk lebih dalam. Jika sudah demikian, penyembuhan jerawat akan menjadi lebih lama, bahkan bisa menimbulkan bekas jerawat di wajah.

2. Tidak pernah melakukan eksfoliasi wajah

Kulit mati yang menumpuk di wajah dan tidak pernah dibersihkan juga menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah. Sel kulit mati yang dibiarkan di wajah begitu saja bisa menyumbat pori-pori. 

Oleh karena itulah, agar pori-pori tidak tersumbat sebaiknya kamu mulai rajin untuk melakukan eksfoliasi pada wajah. Kamu bisa rutin melakukannya seminggu satu sampai dengan dua kali. 

Simak Juga : 5 Cara Mudah Untuk Mengecilkan Pori-Pori di Wajah

Terlalu sering melakukan eksfoliasi pada wajah juga tidak baik untuk kulit.

3. Perubahan hormon pada wanita

Bagi kamu kaum hawa pasti sering menemukan jerawat di wajah saat mendekati waktu-waktu haid. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab jerawat memang bisa muncul jika wanita mengalami perubahan hormon.

Jika diperhatikan, memang wanita dewasa lebih banyak mendapatkan jerawat di wajahnya dibandingkan dengan laki-laki.

Wanita akan mengalami perubahan hormon sesaat sebelum atau ketika menstruasi dan hamil. Selain hal tersebut, perubahan hormon pada wanita juga bisa disebabkan akibat penyakit sindrom ovarium polikistik atau yang sering dikenal dengan PCOS.

4. Menggunakan handphone yang kotor

Ketika kamu melakukan panggilan telepon menggunakan handphone, tidak jarang kamu akan menempelkan HP tersebut ke pipi kamu. Jika terjadi tekanan pada HP yang mengenai pipi akan memicu pecahnya jerawat.

Kotoran yang menempel di HP akibat pecahnya jerawat tersebut jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bakteri yang mampu berkembang biak. Bahkan, bakteri tersebut bisa kembali ke pipi kamu, jika HPnya kamu gunakan untuk menerima telepon kembali.

Mungkin kamu juga suka : 5 Masker Alami Penghilang Bruntusan di Wajah

Oleh karena itu, pembersihan pada handphone sangat penting untuk dilakukan. Rutinlah membersihkan layar HP kamu, agar ketika kamu ingin menggunakannya, HP sudah dalam keadaan bersih.

Selain itu, jika memungkinkan gunakanlah earphone untuk menerima panggilan telepon, agar kamu tidak langsung menempelkan HP ke pipi.

5. Stres

Mungkin sudah banyak yang tahu, jika tingginya tingkat stres pada wajah bisa mempengaruhi munculnya jerawat di wajah, walaupun memang stres bukan penyebab secara langsung munculnya jerawat di wajah.

Dikutip dari Hello Sehat, ketika kamu stres tubuh akan menghasilkan lebih banyak androgen, di mana androgen merangsang minyak dan kantong rambut di kulit. Akibat hal itulah, jerawat muncul di wajah.

Stres yang tidak dikelola dengan benar juga bisa menimbulkan kebiasaan buruk lain yang tentunya mampu memicu tumbuhnya jerawat, misalnya seperti merokok dan minum minuman beralkohol.

Oleh karena itulah, jika ingin wajah bebas dari jerawat, kamu juga harus pandai mengelola stres kamu. Hal ini tidak hanya baik untuk kecantikan, namun tentunya baik juga untuk kondisi psikis kamu.

Akhir Kata

Itulah kelima hal yang mampu memicu tumbuhnya jerawat di wajah. Beruntunglah kalian jika diberikan berkah wajah yang putih, mulus, dan bebas dari jerawat. 

Namun, para pejuang jerawat pun tidak boleh hanya selalu mengeluh. Rajin-rajin bersyukur akan kondisi yang telah diberikan Tuhan bisa jadi obat secara tidak langsung bagi kesembuhan jerawat kamu. Dengan memperbanyak bersyukur, hidup pastinya menjadi lebih tenang.

Hanya orang yang suka menulis tentang kesehatan, lifestyle dan kecantikan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *